Masalah-Masalah Umum Android


Pengguna OS lain sering mengejek Android sebagai OS yang paling boros baterai, tetapi benarkah begitu?

Awalnya saya juga berpikir bahwa itu masalahnya ekslusif di Android, tetapi setelah saya mencoba OS lain, terutama setelah menggunakan Blackbery, akhirnya saya mulai berkesimpulan bahwa setiap ponsel pintar pasti boros baterai.

(1) BOROS BETERAI, jika kita main game sekaligus dengan koneksi internet terhubung terus maka rata-rata ponsel Android bertahan hanya empat jam (ini awal tahun 2012, kita tidak tau perkembangan berikutnya mungkin ketahanan baterai bisa lebih lama), tetapi bagi kebanyakan pengguna Android mereka tidak mempermasalahkan itu karena menurut mereka memang sepantasnya ponsel Android boros karena baterai harus menyuplai tenaga untuk spefikasi perangkat keras yang tinggi seperti layar sentuh, prosessor, dan lain-lainnya, serta koneksi yang terus-menerus.


(2) MEMORI INTERNAL PENUH, ini sering terjadi untuk ponsel Android yang menyediakan memori internal hanya 160 MB, seperti Samsung Galaxy Gio, Galaxy Mini, Galaxy Y dan sebagainya yang termasuk kedalam jajaran ponsel dengan harga dua jutaan kebawah. Sebenarnya ini masalah sangat serius karena kadang hanya dua sampai empat aplikasi yang di instal memori sudah tidak mencukupi lagi/sistem menolak jika kita instal aplikasi baru, kasus memori penuh terutama akhir-akhir ini memang sering terjadi karena semua aplikasi bawaan (preinstalled apps) seperti Google Map, Samsung Apps, Gmail, dan Market otomatis diperbaharui (updated) mulai pertengahan 2011, sehingga memakan ruang yang sangat banyak, contohnya Google Map aplikasi yang diperbaharui mencapai 10 MB tambah aplikasi lama 6 MB jadi untuk aplikasi Google Map saja sudah memakan space memori 16 MB. Sementara aplikasi-aplikasi bawaan itu sangat ngotot tidak mau/bisa dipindahkan ke memori eksternal. Untuk itu kebanyakan pengguna Android terpaksa “ngeroot” (di rooted) agar beberapa aplikasi bisa dipindahkan ke memori eksternal (sdcard) dan jika ada yang sangat ngotot tidak mau dipindahkan sama sekali ke sdcard terpaksa dihapus, seperti Google Map, Samsung Apps, dan Gmail.

(3) RUMIT DI OPERASIKAN, ini berdasarkan kritik dari pengemar WP7 bahwa Android itu rumit di operasikan dan fragmented, karena meskipun sesama Android tetapi disetiap handset dengan merek yang berbeda dan model yang berbeda cara pengoperasiannya cendrung berbeda-beda pula. Contohnya, Samsung Galaxy Gio dan Nexian Magic sama-sama Android 2.2 Froyo, tetapi saya kebingungan ketika mengoperasikan Nexian Magic pedahal saya sudah lama pakai Galaxy Gio.

1 komentar:

Syamz B80i1II0 said...

Dari mana anda tau dan yakin kalau cafiz itu made in surabaya dan dari mana anda dapat info sesat ini??
Saya minta jangan sekali kali anda menyabar isyu yang tidak benar karna itu bisa menyesatkan bangsa kita..

Post a Comment