Garis Table Tidak Ikut Tercetak

Dalam kasus ini, saya ingin bekerja menggunakan table di Microsoft Words©, dengan garis-garis tampak jelas memisah setiap kolom waktu dikerjakan, seperti bentuk grid-grid pada Microsoft Excel©, tetapi sebaliknya ketika dicetak/print, saya ingin agar garis-garis itu justru tidak keliatan/muncul lagi, bisakah? Jika bisa bagaimana caranya?

Sebenarnya jarang ada pekerjaan yang memerlukan manipulasi table seperti itu, tetapi mungkin suatu saat kita merasa lebih mudah bekerja dengan cara itu, atau sekedar untuk menambah ilmu, maka sepertinya tidak salah kita mempelajarinya.

Dalam upaya untuk menemukan caranya, ada beberapa percobaan yang saya lakukan di Microsoft Words 2010©, diantaranya:

(1) membuat garis-garis table menjadi berwarna putih, namun hasilnya justru membingungkan saya, karena garis-garisnya tidak keliatan waktu bekerja, sementara yang saya ingin justru agar garis-garisnya keliatan waktu dikerjakan sebaliknya tidak keliatan setelah dicetak nanti;

(2) mencopy grid-grid dari Microsoft Excel 2010© dan table dari Microsoft Publisher 2007© (jika kita membuat table di Microsoft Publisher 2007© maka akan otomatis seperti yang saya inginkan itu), namun ketika mencopy ke Microsof Words© hasilnya sama dengan poin nomor 1;

(3) saya membuat table seperti biasanya, kemudian saya menjalankan printah “No Border” pada opsi “Borders” (lihat gambar) setelah keseluruhan table diblok (dibuat biru semua, hehehe) namun hasilnya masih sama dengan poin nomor 1 dan 2,  karena saya tidak stop disitu saja, saya lanjutkan dengan memblok kembali semua keseluruhan table tadi, kemudian jalankan perintah “View Gridlines” (dapat juga dilakukan melalui menu “Home” dengan mengklik icon table, lihat gambar terakhir).

Dan akhirnya SAYA BERHASIL!!! Menemukan seperti apa yang saya inginkan, yaitu saya bisa bekerja didalam table dengan garis-garisnya kelihatan jelas, tetapi ketika dicetak garis-garis itu menjadi hilang (hilangnya garis-garis itu bisa dilihat dari “Print Preview”)
Bagaimana? Ternyata sangat mudah, sementara saya untuk mendapatnya harus berpuasa tujuh hari tujuh malam dan bertapa di gunung kembar susu.

NOTE: Ini karena kita ingin mengerjakan pekerjaan yang demikian dalam Microsof Words© sehingga ribet seperti itu, sebaliknya jika kita bekerja dengan Microsoft Excel©, grid-grid itu sudah dihidangkan menjadi “menu utama” tidak perlu dicari. * onpot.blogspot.com
( Keywords: rekayasa table, manipulasi table, Microsoft Words, invisible table, membuat table)

3 komentar:

Unknown said...

Mc excel saat d print garis tabelnya gak ada

Unknown said...

MC Exel saat di print garis tabelnya tidak ada.

inel nana said...

MC excel diprint priview garis tabel ny hilang

Post a Comment